25 Mei 2014

Praktek Kelembaman Hukum I Newton



A.    Judul : Percobaan Hukum I Newton

B.     Tujuan:
Memperlihatkan hukum kelembaman ( Hukum I Newton ) yang terjadi pada suatu media kelereng.

C.    Alat dan Bahan :
-          Kertas
-          Kelereng
-          Anak timbangan
-          Benang jahit kecil ( Kwalitas baik)

D.    Landasan Teori:
Setiap benda pada prinsipnya bersifat lembam, artinya setiap benda yang ada memiliki sifat kecendrungan untuk mempertahankan keadaan geraknya semula. Dalam hal ini bila resultan gaya yang bekerja padasuatu benda nol atau tidak ada gaya yang bekerja, maka suatu benda jika dalam keadaan diam cenderung untuk diam. Sedangkan jika benda bergerak, cendrung benda itu akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap.Sifat seperti benda inilah yang dimagsud dengan sifat kelembaman atau inersia.
Sir Isaac Newton merumuskan keadaan benda ini sebagai Hukum I Newton. Menurut Hukum I Newton, “ Jika resultan dari gaya- gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, benda tersebut akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan”. Secara matematis, Hukum I Newton dinyatakan sebagai berikut:
Rounded Rectangle: ∑F  0; v = 0 atau v = konstan                                   

Ukuran kuantitas kelembaman suatu benda adalah massanya sehingga semakain besar massa sutu benda maka semakin besar pula kelembaman benda tersebut

E.     Langkah Kerja    :
1.      Selembar kertas diletakkan di atas meja dan sebuah kelereng diletakkan di atas kertas tersebut.
-          Tariklah kertas tersebut dengan cepat dan dengan sekali sentakan.
-          Ulangi percobaan tersebut beberapa kali dengan cara yang sama.
2.      Kemudian kertas dikembalikan kekedudukan semula dan kelereng diletakkan lagi diatas kertas.
-          Sekarang tarik kertas tersebut secara berlahan dan tanpa sentakan.
-          Kertas ditarik lagi berlahan seperti di atas kemudian hentikan tarikan.
-          Ulangi percobaan diatas beberapa kali dengan cara yang sama.
Description: G:\hukum-newton1.jpg

F.     Hasil Pecobaan:
1.      Kelereng tersebut akan diam (tidak bergerak).
2.      Bila kelereng diletakan di ats kertas lalu kertas tersebut ditarik secara cepat dengan sekali sentakan maka kelereng tersebut akan akan diam (tidak bergerak).
3.      Bila kertas tersebut ditarik berlahan-lahan dengan tanpa sentakan maka kelereng tersebut akan cenderung bergerak ke belakang untuk mempertahankan kedudukannya  atau dengan kata lain berlawanan dengan arah gaya.
4.      Bila kertas ditarik perlahan-lahan kemudian tarikan dihentikan maka kelereng tersebut akan bergerak ke belakang lalu setelah tarikan dihentikan maka kelereng akan kembali ke kearah kedudukan  semula yaitu ke depan karena menerima sisa gaya.
5.      Kesimpulan yang dapat diambil mengenai gerak kelereng tersebut adalah kelereng tersebut cenderung bergerak berlawanan dengan arah gaya dan jika gaya tersebut dihentikan maka kelereng tersebut akan kembali ke tempatnya semula, bila kelereng bergerak ke belakang maka setelah gaya berhenti maka kelereng akan bergerak ke depan begitu juga sebaliknya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kelereng tersebut cenderung mempertahankan keadaan sebelumnya (inersia).
6.      Kesimpulan dari kegiatan 1 dan 2 adalah Sebuah benda dalam keadaan diam memiliki kecendrungan untuk tetap diam, sedangkan jika benda bergerak, memiliki kecenderungan untuk tetap bergerak. Sifat yang dimiliki oleh benda seperti itulah yang disebut dengan sifat kelembamam atau inersia
G.    Kesimpulan
Jadi suatu benda akan bergerak tergantung pada gaya yang kita berikan. Sifat benda itu cenderung mempertahankan geraknya atau yang disebut dengan kelembaman atau inersia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kelembaman suatu benda adalah massanya. Hukum I Newton juga menggambarkan bahwa setiap benda cenderung mempertahankan keadaannya semula, yaitu mempertahankan keadaan diam atau mempertahankan keadaaan bergerak lurus beraturan.

H.    Saran 
Percobaan seperti ini selayaknya dapat dilaksanakan berkali-kali dengan media lainnya. Agar kita mengetahui  lebih dalam tentang berbagai kejadian di alam mengenai gerak dan berbagai kejadian lainnya yang menyangkut fisika.

Silahkan coment yang sopan ....